Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Memulai Affiliate Marketing di Tahun 2023


Affiliate marketing adalah salah satu model bisnis yang saat ini sedang populer. Model bisnis ini cukup sederhana sehingga cocok untuk pemula. Khususnya yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki modal atau produk untuk dijual.

Sudah banyak orang sukses meraut keuntungan ratusan hingga jutaan rupiah per bulan dengan menjadi affiliate marketing. Jadi, jangan remehkan model bisnis ini. Meski tergolong sederhana tetapi sangat menguntungkan jika ditekuni.

Selain itu, keuntungan lain menjalankan affiliate marketing karena tidak terikat dengan pekerjaan anda di perusahaan tempat anda bekerja, sebab pekerjaan dengan cara ini bisa dilakukan sesuai waktu luang yang anda miliki.

Perlu diketahui program affiliate marketing melibatkan 3 pihak yang melakukan kerja sama. Pertama affiliate marketer (Mitra pemasar atau pengiklan), kedua Vendor (pemilik produk atau jasa) atau Merchant (pengelola atau pemilik marketplace), dan ketiga customer (konsumen yang menggunakan produk).



Cara menjadi affiliate marketer cukup sederhanya. Pada umumnya, anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini untuk memulai affiliate marketing:

1. Lakukan Riset Program Affiliate 

Ada begitu banyak program affiliate yang bisa anda coba. Namun, sebelum memulai program affiliate, terlebih dahulu anda meriset affiliate mana yang cocok untuk anda ikuti.

Kenapa penting meriset? Karena ada beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan saat memilih program affiliate marketing seperti berikut ini :

Relevansi produk/layanan 

Pertama, anda harus memastikan bahwa produk atau layanan yang dipromosikan memiliki relevansi dengan media yang anda gunakan untuk berpromosi.

Komisi

Kedua, setiap program affiliate pasti memiliki persentase komisi yang mereka tawarkan. Karena itu pastikan komisinya yang sesuai dengan yang anda harapkan. Pilih program affiliate dengan tingkat komisi yang bagus. Semakin tinggi tingkat komisinya, maka akan semakin menguntungkan anda sebagai affiliate.

Pengguna affiliate

Selanjutnya yang ketiga, pastikan kualitas program affiliate yang akan anda ikuti. Caranya, anda perlu melihat penggunanya. Semakin banyak penggunanya semakin bagus, karena hal itu mencerminkan reputasi program affiliate dari suatu perusahaan. Anda juga bisa tahu apakah programnya menguntungkan atau tidak.

Support

Ke empat, pastikan program affiliate yang anda ikuti menawarkan support. Seperti memiliki live chat ataupun email yang sewaktu-waktu bisa anda gunakan meminta bantuan jika ada kendala terkait programnya.

Apabila keempat faktor di atas sudah memenuhi ekspektasi anda, maka anda bisa coba untuk bergabung dengan programnya. Karena itu, sangat penting untuk memahami cara kerja setiap program affiliate.

2. Tentukan Media Promosi

Menjadi affiliate marketing tentu membutuhkan media promosi karena yang akan anda lakukan adalah mempromosikan produk. Anda bisa mempromosikan produk affiliate melalui sosial media seperti WhatsApp Bisnis, Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi. 

Anda juga bisa menerapkan strategi video marketing dengan channel YouTube. Yang terpenting, pastikan media promosi yang anda gunakan adalah media yang diperbolehkan oleh penyedia program afiliasi.

Atau bisa mempromosikan produk affiliate anda melalui blog atau Website. Jika anda belum memiliki blog, tidak perlu khawatir. Sebab membuat blog bisa anda dilakukan dengan mengikuti tutorial yang sudah saya buat sebelumnya. Anda bisa meng klik disini: cara membuat blog

3. Strategi Affiliate Marketing yang Sukses

Memulai affiliate marketing adalah hal yang tidak sulit. Selama anda memiliki media promosi serta kemauan untuk belajar pemasaran affiliate, anda bisa menghasilkan dari komisi penjualan. 

Berikut adalah tujuh tips untuk anda yang ingin menjalankan affiliate marketing supaya bisa menghasilkan:

Buat Review yang Personal

Anda bisa saja membuat review produk tanpa perlu benar-benar menggunakannya. Namun, isi kontennya akan sama dengan review-review produk yang sama yang bertebaran di internet. Tambahkan nilai lebih di review dengan pengalaman anda menggunakan produk yang anda promosikan. Dengan begitu review anda memiliki nilai personal yang tidak bisa ditemukan di review-review lain.

Jangan Hanya Fokus Mendapatkan Komisi

Pembaca tidak hanya mencari produk bukan sebatas informasi harga dan spesifikasi. Mereka juga mencari pengalaman orang-orang yang sudah menggunakan produk yang ingin mereka beli. Mereka butuh pertimbangan dari orang lain untuk menentukan membeli sebuah. Oleh karena itu, Anda perlu membuat konten pemasaran afiliasi yang jujur dan bermanfaat untuk audiens.

Buat Review yang Menarik

Walaupun program afiliasi bisa dianggap sebagai pekerjaan sampingan, tetapi sebaiknya jangan melakukannya setengah-setengah. Buatlah review semenarik mungkin. Berikan pengalaman anda ketika menggunakan produk. Tambahkan gambar produk dengan kualitas tinggi. Jika diperlukan, anda juga bisa membuat infografik sederhana tentang produk yang anda promosikan.

Perhatikan SEO

Konten produk affiliate yang menarik akan lebih baik ketika buat dengan menggunakan teknik SEO yang optimal. Karena itu, buatlah konten review dengan menggunakan teknik SEO. Dengan begitu review anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian dan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk ditemukan audiens anda. 

Pahami Target Pasar

Tips selanjutnya untuk affiliate marketing adalah memahami apa yang dibutuhkan oleh target pasar anda. Cari tahu apa pertanyaan yang sering mereka ajukan mengenai produk yang anda promosikan melalui media sosial dan forum-forum. Setelah itu, jawab pertanyaan-pertanyaan mereka tentang produk yang anda promosikan melalui review yang anda buat.

Fokus pada Niche Tertentu

Banyak program affiliate yang bisa dipilih dan bahkan anda bisa mendaftar secara bersamaan. Namun hal itu tidak efektif sebab mendaftar dalam program affiliate secara bersamaan membuat audiens anda kurang percaya dengan produk yang anda tawarkan. Karena itu, sebaiknya anda fokus pada niche tertentu yang sesuai dengan niche atau tema blog anda. Misalnya, anda mengelola blog dengan niche teknologi maka sebaiknya produk-produk yang anda promosikan adalah produk teknologi. 

Fokus pada niche tertentu adalah strategi untuk membangun kepercayaan audiens. Tentu mereka lebih percaya pada review-review yang ditulis oleh ahlinya. Dengan fokus pada niche tertentu anda secara tidak langsung membangun narasi bahwa anda ahli di bidang tersebut.

Berikan Call to Action

Tujuan utama mendaftar program affiliate marketing adalah agar orang-orang membeli produk yang ditawarkan melalui link referral yang dibagikan lewat media promosi yang dimiliki. Hanya dengan link referral tersebut perusahaan penyedia afiliasi bisa mengidentifikasi kalau orang-orang membeli produknya melalui anda.

Untuk memberi perintah kepada pengunjung agar memakai kode referral anda, anda membutuhkan CTA atau Call to Action. Call to Action adalah petunjuk atau perintah kepada pengunjung untuk melakukan suatu tindakan. 

Contoh Perusahaan yang Menerapkan Affiliate Marketing di Indonesia

Banyak perusahaan baik dari luar negeri maupun dalam negeri yang menyediakan program afiliasi. Amazon, eBay, dan Rakuten adalah beberapa perusahaan penyedia program affiliate dari luar negeri. Sementara, Bukalapak, BliBli, Tokopedia, Matahari Mall, Tiket.com, dan Niagahoster adalah perusahaan Indonesia yang juga menyediakan program affiliate marketing.

4. Sistem Pembayaran di Affiliate Marketing

Berikut beberapa sistem pembayaran affiliate marketing jika anda berhasil mengajak orang lain membeli menggunakan link refferal anda:

Pay Per Click

Seperti namanya, pay per click adalah sistem pembayaran dimana anda akan mendapatkan komisi jika ada yang mengklik link afiliasi anda. Nah, link tersebut biasanya akan mengarah ke website perusahaan afiliasi. Semakin banyak orang yang mengklik link anda, semakin banyak pula komisi yang akan didapatkan.

Pay Per Lead

Pada sistem pembayaran pay per lead, anda akan mendapatkan komisi apabila ada orang yang sudah berhasil menjadi leads. Seperti mengisi info kontak, mendaftar jadi anggota, mendownload sesuatu, atau berlangganan newsletter. Jadi, jika orang tersebut belum melakukan salah satu hal tersebut, anda tidak akan mendapatkan komisi.

Pay Per Sale

Pay per sale adalah sistem pembayaran yang akan membayar anda dari persentase harga penjualan produk afiliasi.

Sudah Siap Mendapat Penghasilan dari Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah solusi bagi anda yang ingin mendapatkan uang dari internet dengan mudah. Siapa saja bisa menerapkan cara menjadi affiliate marketer selama punya niat dan kemauan untuk mempelajari pemasaran affiliate. Seperti pekerja freelance, anda bisa menjadikan affiliate marketing sebagai penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama anda.