Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Affiliate Marketing Bagi Pebisnis Online


Tahu nggak, kalau ternyata masih banyak orang mengira affiliate marketing hanya terbatas pada program PPS (Pay  Per Sale) atau kita mendapatkan komisi setelah terjadi penjualan, sebaliknya jika tidak ada penjualan berarti tidak dapat komisi.

Heemm... Sebenarnya pemahaman itu tidak salah, karena yang disebut di atas juga salah satu teknik Affiliate.  Hanya saja menurut saya sejauh yang saya pahami, kalau pemahaman seperti atas itu kurang lengkap. 

Nah, biar kita sama-sama tahu apa itu Affilliate marketing, berikut ini mimin sudah rangkum beberapa informasi yang tepat tentang affilliate marketing.

Simak sampai habis, ya. 

Jadi program Affiliate Marketing merupakan program pemasaran secara online. Program ini melibatkan 3 pihak yang melakukan afiliasi (kerja sama)  yaitu affiliate marketer (Mitra pemasar), Vendor (pemilik produk atau jasa) dan Merchant (pengelola atau pemilik marketplace).

Dari kerja sama itu, pihak pertama (Mitra pemasar) akan mendapatkan komisi hasil dari produk yang dipromosikan atau pun yang terjual. 

Untuk memulai affiliate marketing sebaiknya kamu menekuni salah satu program saja agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal nantinya. 

Nanti kalau kamu sudah menghasilkan dari satu program dan nyaman mengerjakannya, silahkan berlanjut pada program lainnya.

Sebetulnya banyak program affiliate marketing di dunia online tetapi saya sederhanakan menjadi 4 jenis saja dari mulai yang termudah menjalankannya yaitu :

1. PTC (Paid To Click)




PTC (Pay To Click) yaitu suatu program afiliasi pemasaran secara online yang akan memberi komisi kepada anda bila anda mengeklik iklan yang anda pasang sendiri.

Kok bisa ? iklan sendiri diklik lalu dapat komisi, terus mengapa perusahaan pemasang iklan mau membayar apa kepentingannya ?

Mereka punya kepentingan pertama agar webnya tampil dihalaman pertama google karena banyak kunjungan kedua supaya yang ikut program PTC termakan iklan yang dipasangnya atau ikut mendaftar program yang ditawarkan oleh iklan tersebut.

Kelebihan Program PTC

· Pendaftaran mudah dan gratis

· Tidak perlu memiliki website

· Untuk mendapatkan komisi mudah tinggal klik iklan sendiri

Kekurangannya Program PTC

· Komisinya kecil

· Rawan penipuan terutama dari iklan yang ditawarkan 

Saran 

Pada dasarnya iklan yang anda pasang itu targetnya adalah anda sendiri jangan mudah terbujuk rayu oleh iklan yang menjanjikan penghasilan besar secara cepat dan mudah sebelum anda menyelidikinya dulu.

Coba anda browsing ketik PTC di google nanti ada PTC lokal seperti Duitbux, klik ajadeh dan lain-lain untuk PTC luar Top 10 PTC.

2. PPC (Pay Per Click)




PPC (Pay Per Click) adalah program afiliasi pemasaran secara online yang akan memberi komisi kepada anda bila ada orang melakukan klik iklan. Program ini yang saat ini menjadi primadona para blogger Indonesia untuk menghasilkan uang dari blog terutama dari google adsense.

Program PPC selain google adsense adalah Media.net, Infolinks,Chitika, dan lain-lain. Program PPC lokal yaitu Kliksaya.com, kumpulblogger, Adsensecamp,Adplus dan lain-lain

Kelebihan Program PPC

· Tidak perlu merayu pengunjung untuk mengeklik iklan

· Tidak perlu melakukan follow up kepada calon pembeli

· Tugasnya hanya membuat supaya webnya banyak pengunjungnya

Kekurangannya Program PP

· Pendaftarannya sulit biasanya visitornya web atau blognya harus banyak.

· Ada ancaman kena bannet (pemutusan hubungan) karena pelanggaran aturan main.

· Komisinya kecil per klik Rp 500 – Rp.1.000 

3. CPA ( Cost Per Action)





CPA (Cost Per Action) merupakan program afiliasi pemasaran secara online dimana komisi akan diberikan bila ada orang yang melakukan klik iklan dan melakukan aksi seperti mengisi nama dan email atau melakukan download dan lain-lain.

Action apa saja yang dilakukan ?

· Mengisi formulir pendaftaran

· Mengisi alamat email

· Mengisi survei

· Memberi informasi kartu kredit

· Mengunduh file

· Berlangganan (subscribe) terhadap suatu layanan

· Menginstall sofware atau aplikasi.

Kelebihan Program CPA

· Pendaftaran mudah 

· Tidak perlu melakukan follow up kepada calon pembeli yang telah melakukan aksi untuk membeli produk.

· Komisinya besar tergantung aksi apa yang diminta semakin lengkap aksi yang diminta semakin besar komisinya

Kekurangan Program CPA

· Dibutuhkan keahlian copywriting untuk merayu orang untuk melakukan aksi

· Harus mendatangkan pengunjung yang tertarget (tertarik dengan iklan kamu)

4. PPS (Pay Per Sale)




Dari semua program yang ada PPS (Pay Per Sale) adalah program yang paling sulit karena anda bekerja mulai awal dari mendatangkan pengunjung yang tertarget kemudian merayunya untuk melakukan aksi kemudian mengfollow up supaya melakukan pembelian oleh karena itu komisi yang didapatkan besar yaitu 30 % – 70 % dari hasil penjualan.

Kelebihannya Program PPS

- Pendaftarannya mudah dan sebagian besar gratis

- Komisinya besar yaitu 30% sampai 70 % dari hasil penjualan

Kekurangan Program PPS

- Dibutuhkan keahlian copywriting untuk merayu orang untuk melakukan aksi

- Harus mendatangkan pengunjung yang banyak dan tertarget (tertarik dengan iklan anda)

- Perlu melakuakan follow up agar mereka membeli produk anda.

Untuk PPS lokal banyak sekali di Indonesia anda bisa cek de google ya ada puluhan Vendor yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis affiliate. 

Sedangkan program PPS luar negeri yang terkenal adalah Amazon dan Click bank, dan banyk lagi yang lain .

 

semoga bermanfaat :)