Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sukses Menghasilkan Uang dari Blog


Saat ini banyak cara untuk mendapakan uang. Tidak hanya dengan cara bisnis offline saja, banyak bisnis kreatif melalui media online yang dapat menghasilkan uang. Salah satu contohnya ialah blogger. 

Blogger adalah seseorang yang memiliki dan mengelola sebuah blog, atau salah satu layanan blog gratis yang sudah sangat populer. 

Apabila sobat suka menulis, maka blog merupakan salah satu cara yang  tepat untuk sobat mencari uang. Sobat bisa menulis di halaman blog, endorsement hingga Google Adsense, Facebook Adsense, maupun Youtube Adsense

Berikut adalah cara jadi blogger berpenghasilan yang sukses. Pertama-tama sobat harus membuat buat blog dahulu. Sudah banyak cara membuat blog yang menarik di internet, lengkap dengan langkah-langkah dan gambar ilustrasinya. Sobat bisa mengikuti cara membuat blog dibeberapa platfrom di internet.

Akan tetapi, kebanyakan blogger pemula berhenti ditengah jalan sekitar dua sampai tiga bulan. Mereka kebanyakan bingun bagaimana mengembangkan blog, tentu ini sangat disayangkan bukan. Padahal sekarang ini banyak informasi di internet, tentu ini bukan hal yang sulit untuk mengelola blog bagi blogger pemula.

Oke langsung saja kita mengulas cara singkat, padat, dan jelas cara membuat blog yang bisa mengahsilkan, yuk.. mari simak cara menghasilkan uang dari blog dalam ulasan berikut.

1. Tentukan Tujuan Membuat Blog

Pertama yang sobat harus lakukan yaitu menentukan tujuan blog agar sobat selalu semangat dalam mengelolanya, karena banyak blogger pemula yang berhenti ditengah jalan.  Kita tahu, blogging itu membutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran, sehingga jangan sampai semua hal tersebut sia-sia tanpa adanya tujuan blogging yang jelas.

Menentukan tujuan sangat penting bagi para blogger pemula. Sehingga dapat mengerti arah dikembangkannya blog tersebut. Sebuah blog dapat ditujukan sebagai sarana penyalur hobi menulis, berbagi informasi dengan orang lain, atau untuk mendapatkan penghasilan secara online.

Setelah menentukan tujuan pembuatan blog, sobat akan semakin termotivasi untuk mengelola blog supaya meraih hasil sesuai tujuan sobat tadi. Cara menjadi blogger sukses adalah dengan konsisten dan tekun dalam mengelola blog, sehingga prosesnya tidak bisa instan.

2. Tentukan Topik Blog

Tentukan topik, sobat harus pilih topik yang sesuai dengan minat dan keahlian, misalnya sobat keahaliannya memasak maka ini bisa menjadi topik blogmu, membuat cerita-cerita seputar memasak, atau topik bisnis online, dan lain sebagainya.

Jadi intinya pilihlah topik yang sesuai dengan keahlianmu supaya sobat lebih semangat dalam menulis konten. Jangan pilih topik yang sobat tidak dipahami karena akan terasa sulit untuk ditulis, sehingga kualitas tulisan juga jadi asal-asalan dan menimbulkan kebosanan.

Selain memilih topik yang sobat sukai, usahakan topik tersebut juga banyak dicari oleh masyarakat.

3. Pilih Platform Blog

Banyak macam platform blog yang bisa sobat pilih, mulai dari Wodpress, Blogger, Joomla, Drupal, Shopify, Bitrix. Namun, Jika sobat bingung memilih platform, saya sarankan agar sobat sesuaikan dengan tujuan dan kemampuan. Setidaknya ada tiga pilihan platform blog yang populer, yaitu BloggerWordPress.com, dan WordPress.org.

Semua platform blog memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi blogger pemula, Blogger adalah pilihan yang tepat karena gratis dan sangat mudah digunakan. WordPress.com juga recommended, selain karena mudah digunakan, juga menjadi platform yang ramah mesin pencari seperti Google.

4. Tentukan Penyedia Layanan Hosting dan Domain

Bagi sobat yang masih asing dengan dua istilah tersebut, domain berarti nama atau alamat website. Sementara itu, hosting artinya tempatnya file-file blog disimpan, ibarat hard disk di PC atau laptop.

Domain dan hosting menggunakan sistem sewa, ada yang sistem pembayarannya setiap bulan atau tahun. Beberapa layanan domain dan hosting yang biasanya direkomendasikan untuk pemula adalah NameCheap (domain), BlueHost atau HostGator (hosting internasional), dan Niagahoster (hosting Indonesia dan gratis domain).

5. Tentukan Nama Domain

Sebelum sobat menetapkan domain, sobat terlebih dahulu merencanakan atau memilih nama domain, karena nama tersebut akan selalu menjadi identitas dari blog.

Sobat harus memili nama domain sesuai dengan topik blog, hindari nama yang mirip dengan website populer, pastikan nama domain mudah ditulis, diingat, dan diucapkan, serta sebisa mungkin gunakan ekstensi .com.

Meskipun ada banyak ekstensi lain selain .com, seperti .org, .net, .co, dan .id, namun .com paling mudah diingat kebanyakan orang.

Cara Menjadi Blogger Berpenghasilan

Seperti yang telah disebutkan di atas, sobat bisa mendapatkan penghasilan dari blog, asakan konsisten.

1. Iklan

Menghasilkan uang dari blog dengan iklan. Caranya mengikuti jaringan periklanan atau Advertising Networks, seperti Google Adsense dan Google Ads. Cara ini banyak digunakan blogger untuk menghasilkan uang

Hasil yang sobat dapatkan tergantung dari jenis iklan yang ditayangkan. Jika berjenis Cost Per Click (CPC), maka sobat akan mendapatkan uang ketika iklan di blog sobat diklik oleh pengunjung.

Selain itu, harga tiap iklan berbeda. Semakin sesuai iklan yang ditampilkan dengan topik blog, maka akan semakin tinggi harganya.

2. Afiliasi

Mendapatkan komisi dari sistem Afiliasi. Caranya dengan menjualkan produk pihak lain dengan menggunakan kode khusus, link, atau banner yang ditempatkan di blogmu.

Besar komisi yang akan sobat terima ditentukan dari platform periklanan yang sobat ikuti. Ada yang memberikan 10 persen, 25 persen, bahkan 70 persen dari setiap penjualan yang dihasilkan dari blogmu.

3. Endorsement

Endorsement menjadi salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan uang di instgram, khususnya oleh selebgram.

Cara menjadi blogger yang menghasilkan uang juga dapat dilakukan melalui endorsement di blog. Ketika blog sobat sukses dan telah memiliki nama besar, bisa jadi sobat akan dihubungi oleh pihak lain untuk mempromosikan produk mereka.

Jika kamu setuju, kamu cukup membuat sebuah artikel untuk mempromosikan produk mereka yang isinya meliputi penjelasan mengenai produk tersebut, fitur yang dimilikinya, hingga kelebihan-kelebihannya.

4. Berjualan Produk

Selain menjual produk milik orang lain, tentu sobat juga bisa menjual produk sendiri, baik produk fisik maupun digital. Berjualan produk melalui blog merupakan cara yang sangat baik untuk meningkatkan penjualan secara online.

Sebagai contoh, kamu bisa menjual produk pakaian jika topik blogmu adalah tren fashion terbaru. Selain bisa membeli produk yang sobat jual, para pelanggan juga bisa membaca konten-konten seputar tren fashion di blogmu.

5. Menjual Jasa

Tidak hanya berjualan produk, sobat juga bisa menjual jasa sebagai cara menjadi blogger berpenghasilan. Contohnya, jika sobat ahli dalam bidang menulis, apalagi sobat sudah lama mengelola blog, sobat bisa coba menjual jasa penulisan artikel.