Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Bisnis Online yang Bisa Menghasilkan Uang


Bisnis online menjadi pekerjaan yang sekarang ini banyak diminati lantaran bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup banyak. Di Indonesia bisnis online menjadi pekerajan yang sudah banyak membuat orang sukses, dan bahkan dengan bisnis online bisa membuka peluang kerja untuk orang lain sehingga tidak hanya menguntungkan pemilik bisnisnya tetapi juga bermanfaat untuk orang lain. Di luar negeri, kebanyakan orang menjadikan bisnis online sebagai pekerjan pokok.

Dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, tidak heran jika bisnis onlien menjadi pekerjaan yang menguntungkan, apalagi cara kerjanya cukup mudah dan bisa dikerjakan di mana saja selama masih ada koneksi internet, dan bahkan bisa dikerjakan meskipun masih menjadi kariyawan di sebuah perusahaan.

Namun tentu hasil yang didapatkan kurang maksimal karena bekerja disebuah perusahaan terkadang susah mengatur waktu untuk menjalankan bisnis online dengan begitu hasil dari bisnis online kurang memuaskan. Tetapi itulah bisnis pasti memiliki resiko, namun setidaknya meskipun anda bekerja di sebuah perusahaan anda memiliki pekerjaan sampingan bisnis online yang menghasilkan.


Lain halnya jika bisnis online menjadi pekerjaan yang anda tekuni. Melakukan berbagai cara supaya bisnis online anda berkembang pesat dengan begitu pundi-pundi uang bisa anda dapatkan dari bisnis online. 

Selama masih ada koneksi internet dan kedepannya nanti teknologi semakin berkembang tentu banyak bisnis online baru akan bermunculan. Di bawah ini 5 jenis bisnis online yang saya akan bagikan adalah hanya beberapa dari sekian banyak pekerjaan di dunia internet.

Bisnis Online yang Bisa Menghasilkan Uang

1. Ads Publishing

Ads Publisher adalah website yang sudah terdaftar di salah satu pihak pengelola periklanan untuk memasang iklan berbayar di situs website yang dikelolah.  Dengan adanya iklan di dalam website, pihak pengiklan akan membayar kita ketika iklan mereka di dalam blog atau website diklik. Jika belum memiliki blog atau website, anda bisa membuatnya dengan mengikuti tutorial yang sudah saya bahas di blog saidpreneur.com dengan judul : cara sukses mengahsilkan uang dari blog. Disitu dengan gamblang saya jelaskan bagaimana membuat blog sampai bisa menghasilkan.

Jadi Ads Publisher adalah sebuah sebutan untuk orang-orang yang sedang mengikuti program periklanan di mana si pemilik website akan memasang kode iklan yang diberikan oleh pengelola iklan di website mereka.

Terdapat banyak pererbit iklan dari luar negeri seperti Google Adsense, Chitika, Teks Link Ads, Fixed Rate, dan Bidvertiser. Sedangkan penerbit iklan dalam negeri seperti idblognetwork, innity, adsensecamp, kumpul blogger dan lain lain. Yang paling populer dan banyak digunakan adalah Iklan Google Adsense.

2. Bisnis Online

Seperti yang sudah saya bahas di atas bahwa bisnis online banyak diminati karena bisa menghasilkan uang. Cara ini cukup mudah dan flaksibel karena tidak terikat waktu. Anda hanya menyetok produk dengan cara membeli produk terlebih dahulu dari suplayer dengan harga grosir lalu menjualnya dengan harga mahal lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, WhatsApp dan lain-lain. Keuntungan yang anda dapatkan dari produk yang terjual adalah selisih harga beli dengan harga jual.

Namun sebelum anda menjual terlebih duluh tentukan merek toko online anda atau branding anda sendiri sehingga customer bisa membedakan produk anda dengan kompetitor. Dengan membangun merek yang kuat dapat membuat bisnis anda lebih menonjol dibanding kompetitor. Selain itu, branding juga dapat membangun visibilitas sehingga meningkatkan kemungkinan pembelian berulang.

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing jenis bisnis yang banyak dijalankan orang sebab caranya cukup mudah dan bahkan anda tidak perlu menyediakan barang jualan. Cukup melakukan promosi produk tersebut dan nantinya akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan saat mendaftar di awal. Caranya mudah, anda hanya mencari merchant atau vendor yang menyediakan program affiliate marketing dan mengajaknya bekerjasama dengan cara memasarkan produk mereka di media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan lain-lain.

Model bisnis ini bisa anda dapatkan dengan mendaftar lewat merchant yang menyediakan program affiliate marketing seperti Amazon, Clicbank, Sharesale dan masih banyak lagi affiliate lainnya. Untuk Affiliate indonesia cukup banyak tetapi kembali yang saya sampaikan di awal untuk fokus di salah satunya.

4. Menjadi Dropshiper

Dropshiper adalah sebuah model bisnis yang dijalankan dengan cara menjual produk milik pemasok dengan harga yang lebih tinggi, tapi pengirimannya menggunakan nama anda.

Banyak orang mengatakan kalau jenis bisnis ini sekilas mirip affiliate mareketing, namun kenyataannya jika anda riset perbedaannya sangat jauh. Affiliate marketing adalah program dengan adanya pemberian berupa komisi jika berhasil menjual produk atau jasa dari vendor. Komisinya berdasarkan kebijakan pemilik produk. Sementara dropsipher anda mejual produk yang dimana keuntungannya anda sendiri yang tentukan. Semakin tinggi harga jual produk yang anda tetapkan maka keuntungan anda juga besar. Namun kedua model bisnis ini sama-sama tidak memasok produk.

5. Menjadi Penulis situs Orang Lain

Pekerjaan menulis juga salah satu cara menghasilkan uang dengan cara menjual karya tulisan kepada situs besar seperti Jalantikus.com.

Situs lainnya yang membayar karya tulisan adalah Nulis.co.id, wm.ucweb.com, idntimes.com, BasaBasi, babe.com, Mojok, Vebma, iWriter, Meltik dan Brilio. Cukup besar pembayarannya per artikel bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Berbeda jika menjual tulisan secara langsung yang hanya di hargai puluhan ribu bahkan tidak mencapai 10 rb rupiah.

Masih banyak lagi jenis bisnis online yang bisa anda coba. Dengan melakukan usaha dan keras saya yakin keberhasilan akan anda dapatkan di usia muda. Pada masa ini sebagian besar aktivitas dilakukan melalui media online.