Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat SEO Pada Website yang Wajib Diketahui

SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimization. SEO merupakan teknik yang digunakan untuk optimisasi sebuah blog atau website dengan tujuan agar memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman website dan menempatkannya di halaman pertama di mesin pencari.

Website yang muncul di mesin pencarian tentunya sangat menguntung kan pemilik website, sebab selain bisa mendatangkan traffik atau pengunjung ke website, bisa juga meningkatkan kredibilitas sebuah website.

Sebenarnya keuntungan menerapakan SEO pada website, bukan hanya sekedar mendatangkan trafik dan meningkatkan kredibilitas website. Tetapi tujuan akhir ketika kita menerapkan teknik SEO di website, supaya website yang kita kelola bisa tampil di halaman pertama mesin pencari.

Itulah pentingnya menerapkan teknik SEO pada website. Namun sebelum anda menerapkannya sebaiknya anda menyimak artikel ini karena di artikel ini saya akan membahas setidaknya 5 manfaat teknik SEO jika diterapkan di dalam blog atau website.

Silahkan disimak sampai habis, ya.


5 Manfaat SEO Pada Website yang Wajib Diketahui

1. Menambah jumlah visitor website

Seperti yang sudah saya bahas sekilas di atas bahwa SEO bisa membantu agar website anda mendapatkan traffik dan meningkatkan kredibilitas website. Jika anda berhasil menyediakan konten-konten berkualitas yang menerapkan SEO, sudah bisa dipastikan website anda akan mendatangkan banyak visitor atau pengunjung.

Secara otomatis pengunjung akan memilih website yang pertama kali dilihat karena website tersebut memberikan informasi yang dicari oleh user.

2. Mendatangkan calon pembeli

Jika blog atau website yang anda miliki adalah untuk bisnis online maka penggunaan SEO sangat disarankan untuk anda terapkan di website. Hal ini sangat bagus agar website bisnis anda bisa dikunjungi user organik atau visitor yang kemunkinan besar sedang mencari produk yang kebetulan anda jual.

Semakin bagus penerapan SEO di website anda maka semakin memudahkan pengunjung mendapatkan produk atau jasa yang anda tawarkan di website. Hal tersebut sudah pasti akan berdampak positif untuk usaha atau bisnis online anda karena semakin dikenal banyak orang.

Dengan menerapkan SEO pada website, maka bisnis anda berpotensi mendapatkan banyak calon pembeli dan bahkan tidak menutup kemungkinan membeli produk atau jasa yang anda pasarkan karena sesuai yang mereka cari.

3. Meningkatkan Kredibilitas dan Popularitas website

Seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa dengan SEO bisa meningkatkan kredibilitas dan popolaritas sebuah website. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan website anda sudah tampil dihalaman pertama mesin pencari dan dianggap konten-konten website anda sangat relevan dengan informasi yang dibutuhkan oleh user, dengan begitu popularitas website anda semakin bagus dan meningkat.

4. Website yang user friendly

Mungkin anda bertanya-tanya apa manfaat user friendly pada website. Jadi, website user friendly adalah sebuah website yang memiliki tampilan yang rapih, bersih dan menarik sehingga membuat visitor atau pengunjung betah berlama-lama di website untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Dengan demikian akan terjadi peningkatan pageview pada website.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Seorang pebisnis atau seorang marketer, SEO dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness yang tentu saja dapat memberikan keuntungan. Website anda akan tampil dihalaman pertama mesin pencari dan merekomendasikannya ke visitor atau pengunjung. Secara tidak sadar hal tersebut akan menjadi sebuah promosi yang berpeluang mendatangkan pengunjung baru.

Berbagai keunggulan dari teknik SEO ini akan sangat memegang peranan penting untuk perkembangan website yang anda kelola.