Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Keunggulan Yang Ditawarkan Affiliate Marketing Terbaru

 

Affiliate marketing adalah model bisnis rekomendasi yang dilakukan secara online, artinya anda mempromosikan suatu produk atau jaza kepada orang-orang lewat media sosail, seperti Facebook, Instagram, Tittok, dan bahkan bisa lewat blog atau website. Jika ada yang membelinya maka anda akan mendapatkan komisi.

Dahulu model bisnis ini biasa disebut maklar atau perantara untuk pembeli dan penjual yang dikerjakan secara offiline. Sekarang disebut affiliate karena dikerjakan secara online. Jadi perubahannya hanya karena berbeda cara penerapan saja.

Saat ini affiliate marketing menjadi model bisnis yang sangat populer sehingga diminati banyak orang. Sebab, selain caranya mudah dan potensi penghasilannya besar, model bisnis ini bisa dikerjakan meskipun belum memiliki produk atau modal.

Jika anda sudah siap untuk membangun sebuah bisnis, namun belum memiliki produk atau modal? Jangan khawatir, karena di artikel ini anda akan belajar digital marketing, utamanya affiliate marketing secara lengkap.



Jika anda tertarik menjadi affiliate marketing, anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti di bawa ini.

Daftar Program Afiliasi

Langkah pertama yang anda harus lakaukan jika ingin menjadi affiliate marketing adalah dengan mendaftar sebagai affiliate dari perusahaan tertentu yang menyediakan program affiliate marketing. Setelah mendaftar dan diterima sebagai affiliata maka anda akan diberikan link referal yang bisa anda gunakan sebagai “alat” promosi.

Ada banyak perusahaan yang menyediakan program affiliate marketing, seperrti Amazon, Ratakan.com, Shopee.com, dan yang sangat populer saat ini adalah niagahostar.

Promosi Produk

Jika sudah mendaftar dan diterima, selanjutnya promosikan produk dari perusahan tersebut lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan blok atau website yang anda meliki.

Gunakan link referal yang anda dapatkan dengan membagikannya di dalam konten media sosial anda. Orang-orang yang tertarik dengan produk anda akan membelinya dengan meng klik link referral yang anda bagikan tadi.

Dapatkan Komisi

Ini adalah tahap akhir yang diharapkan oleh seorang affiliate marketing, yaitu terjadinya pembelian produk melalui link referral yang dimiliki. Setelah transaksi berlangsung, maka anda siap mendapatkan komisi sesuai dengan kebijakan perusahaan tempat anda mengikuti program ini.

Cara kerja affiliate marketing di atas adalah yang paling umum. Meski demikian, perlu diingat bahwa alur kerja di setiap perusahaan penyedia program affiliate marketing bisa berbeda-beda. Karena itu, pastikan untuk selalu membaca syarat dan ketentuan sebelum mendaftar program affiliate

Berikut ini adalah keunggulan yang ditawarkan affiliate marketing :

1. Proses Mudah

Perusahan penyedia program affiliate marketing biasanya memeliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Namun, jika anda diterima sebagai affiliate marketing di suatu perusaahan, maka anda sudah bisa mempromosikan produk perusahaan tersebut, dan mendapatkan komisi jika ada yang membeli melalui link referal anda.

2. Bisa Dimulai dengan Gratis

Seperti yang saya sebut diatas bahwa menjadi affiliate marketing, bisa anda kerjakan meskipun belum memiliki produk sendiri atau belum memiliki modal. Sebab, beberapa perusahaan yang menyediakan program tersebut tidak mewajibkan untuk membeli produknya.

Kalaupun sebuah program affiliate marketing mensyaratkan pembelian produk, anda bisa memilih barang yang terjangkau. Dengan begitu, anda tidak perlu membayar mahal untuk menjadi affiliate marketing.

3. Bisa Jadi Passive Income

Dengan menjadi affiliate marketing, anda bisa mendapatkan passive income. Syaratnya cukup mudah, usahakan jika anda meng posting suatu produk di media sosial bisa mengajak audiens agar membeli produk dari link referral anda.

4. Tidak Terbatas pada Satu Affiliate Marketing

Anda ingin mendapatkan penghasilan lebih sebagai affiliate marketing? Tentu saja bisa! Sebab, anda bisa mengikuti lebih dari satu program affiliate secara bersamaan.

Jika ingin melakukan itu, pastikan anda memahami syarat dan ketentuan masing-masing program affiliate marketing yang anda ikuti. Sebab, tidak semua penyelenggara program memperbolehkan anda untuk menjadi afiliator perusahaan lain.

5. Jam Kerja Fleksibel

Ketika bisnis affiliate anda sudah stabil, anda dapat memutuskan untuk menjadikan bisnis affiliate sebagai sumber pendapatan utama. Secara otomatis jam kerja anda menjadi fleksibel karena tidak terikat dengan waktu. Dengan menjalankan bisnis digital ini tidak ada patokan lama bekerja. Apabila sudah dirasa cukup, anda dapat bersantai dengan teman atau keluarga.

Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing?

Cara menjadi affiliate marketer cukup sederhanya. Pada umumnya, anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini untuk memulai affiliate marketing:

1. Lakukan Riset Program Affiliate

Ada begitu banyak program affiliate yang bisa anda coba. Karena itu, tentukan affiliate mana yang cocok untuk anda ikuti dengan terlebih dahulu merisetnya.

Kenapa penting meriset? Karena ada beberapa faktor yang mesti anda pertimbangkan saat memilih program affiliate marketing seperti berikut ini :

Relevansi produk/layanan

Anda harus memastikan bahwa produk atau layanan yang dipromosikan selaras dengan media yang anda gunakan untuk berpromosi.

Komisi

Setiap program affiliate pasti menjelaskan persentase komisi yang mereka tawarkan. Pastikan persentasenya sesuai dengan yang anda harapkan.

Pengguna affiliate

Salah satu cara untuk memastikan kualitas program affiliate adalah dengan melihat penggunanya. Selain melihat reputasinya, anda juga bisa tahu apakah programnya menguntungkan atau tidak.

Support

Pastikan programnya menawarkan support. Baik dalam bentuk live chat maupun email. Sehingga, Anda bisa mendapat bantuan jika ada kendala terkait programnya.

Apabila keempat faktor di atas sudah memenuhi ekspektasi Anda, maka Anda bisa coba untuk bergabung dengan programnya. Jangan lupa untuk memahami cara kerja setiap program afiliasi.

2. Mencari Media Promosi

Cara menjadi affiliate marketer tentu membutuhkan media promosi karena yang akan Anda lakukan adalah mempromosikan produk. Anda bisa mempromosikan produk affiliate melalui sosial media seperti WhatsApp Bisnis, Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa menerapkan strategi video marketing dengan channel YouTube. Yang terpenting, pastikan media promosi yang anda gunakan adalah media yang diperbolehkan oleh penyedia program afiliasi.

Atau bisa mempromosikan produk affiliate anda melalui blog atau Website. Jika anda belum memiliki blog, tidak perlu khawatir. Anda bisa membuat blog dengan mengikuti tutorial cara membuat blog yang bertebaran di internet. Bahkan lengkap dengan ilustrasi gambarnya. Atau anda bisa membuat blog dengan mengikuti tutorial di artikel yang saya tulis. Anda bisa klik disini : cara membuat blog.